(0401) 3129641     perizinan.konkep@gmail.com    Senin-Jumat 07.00 - 15.30

Bupati Konkep: Sesuai RTRW, di Wawonii Tidak Boleh Ada Tambang

Bupati Konkep, Amarullah, Rabu (13/03). Foto: Lukman Budianto/kendarinesiaid

Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Amrullah mengunjungi warganya yang saat ini berada di Sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kendari. Untuk sementara, warga Konkep tinggal di sekretariat itu. 

Rencananya, ratusan warga Konkep ini akan kembali melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara. Tuntutannya masih sama, yakni meminta Gubernur mencabut permanen 15 IUP yang berada di Kepulauan Wawonii, Konkep.

Amrullah mengatakan, kunjungannya ke Sekretariat HMI Kendari tidak lain untuk memberikan himbauan kepada warga Wawonii agar tidak anarkis saat melakukan aksi unjuk rasa. Dia juga mengaku tidak bisa mengintervensi gerakan yang dibangun masyarakatnya.

"Saya berpesan kepada mereka agar tidak melanggar hukum saat menyampaikan aspirasi. Jangan disusupi kepentingan orang yang tidak bertanggungjawab," kata Amrullah di Sekretariat HMI Kendari.

Amrullah komiten mendukung aspirasi yang disampaikan warga Wawonii. Pasalnya, keberadaan tambang di Konkep memang tidak sesuai dengan RT RW di daerah tersebut. 

"Komitmen saya sudah jelas. RT RW saya tidak ada tambang," ucap Amrullah. "Saya tidak punya wewenang diwilayah itu, karena semua kewenangan gubernur," tambahnya.

Gubernur Sultra Ali Mazi sebenarnya sudah mengambil sikap terkait polemik tambang di Wawonii, Konkep. Dia telah membekukan 15 IUP aktif di  Wawonii. Namun pembekuan ini sifatnya hanya sementara.

Hal inilah yang membuat warga belum puas. Keinginan warga, IUP-IUP yang ada di Wawonii dicabut permanen karena penerbitannya disinyalir menyalahi aturan. Dilain sisi, keberadaan Pulau Wawonii memang tidak diperuntukan bagi penambang seperti yang tertuang dalam RT RW Pemda Wawonii.

Diketahui, 15 IUP di Konkep terbit pada Tahun 2008 sampai Tahun 2013. Di tahun itu, Lukman Abunawas masih menjabat sebagai Bupati Konawe, sebelum mekar menjadi Konkep. Saat ini Lukman menjabat sebagai Wakil Gubernur Sultra.

---

Lukman Budianto

Share Berita

Link Terkait